LNSW Dukung Implementasi Learning Organization Kemenkeu

LNSW Dukung Implementasi Learning Organization Kemenkeu

Oleh Tim Humas LNSW

Agar Indonesia dapat menjadi negara maju, sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan salah satu syarat utama. Pesan ini selalu disampaikan oleh Presiden RI dalam berbagai kesempatan. Untuk itu, pembangunan berlandaskan SDM unggul adalah sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Sejalan dengan arahan Presiden, penggalian dan pengembangan potensi SDM terus dilakukan oleh Kementerian Keuangan, salah satunya dengan pengembangan budaya organisasi pembelajar (learning organization).

 

Menyadari manfaat learning organization, Kementerian Keuangan berupaya mengimplementaskan learning organization di lingkungan Kementerian Keuangan dengan dukungan strategi Kemenkeu Corporate University berdasarkan KMK-924/KMK.011/2018. Organisasi pembelajar (learning organization) sendiri merupakan organisasi yang secara terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya agar mampu terus menerus berkembang dan mentransformasi diri baik secara kolektif maupun individual dalam usaha mencapai hasil yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan bersama antara organisasi dan individu di dalamnya.

 

Dalam praktiknya, Kemenkeu Corporate University berupaya melakukan link and match antara pembelajaran, pengelolaan pengetahuan, dan penerapan nilai-nilai dengan target kinerja Kemenkeu. Setiap unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan pun harus turut berperan dalam implementasi Kemenkeu Corp.

 

Selanjutnya guna mengukur tingkat implementasi learning organization di setiap unit Eselon 1, Kepala BPPK mengajukan hal tersebut sebagai indikator kinerja utama. Pada tahun 2020, pengukuran Tingkat Implementasi Learning Organization dilakukan dengan tiga metode pengukuran, yaitu survey, self-assessment, dan penilaian komite.

 

Di LNSW, survey dilaksanakan pada 28 September 2020 s.d. 16 Oktober 2020. Selanjutnya self-assessment pada 15 Oktober s.d. 27 November 2020 dan penilaian oleh Komite Penilai Learning Organization dilakukan pada 1 s.d. 29 Desember 2020. Hasilnya, LNSW mendapat skor 93,37. Skor ini sudah melampaui target IKU tersebut di tahun 2020 sebesar 75.  

 

Ketua Komite Penilai Learning Organization, Heni Kartikawati dalam laporannya, menyampaikan apresiasi atas komitmen LNSW dalam mengimplementasikan learning organization. Termasuk di antara yang telah dilakukan, adalah melalui pelaksanaan knowledge sharing secara rutin, peran pimpinan sebagai teacher maupun sebagai participants, peran aktif PIC pembelajaran di LNSW, serta peran SGO (skill group owner/pemilik rumpun keahlian) dan SME di LNSW sebagai partner BPPK dalam proses perencanaan pembelajaran.

 

Pantang berpuas diri, berbagai rekomendasi rekomendasi perbaikan yang disampaikan Komite Penilai Learning Organization untuk meningkatkan implementasi learning organization di LNSW pun menjadi bahan pertimbangan untuk pengelolaan SDM di LNSW.  Learning organization merupakan salah satu budaya kerja di Kementerian Keuangan dan sebagai bagian dari Kemenkeu, LNSW siap mendukung implementasinya.