Bersama, Tingkatkan Ekspor UMKM Melalui Fasilitasi Perdagangan

Bersama, Tingkatkan Ekspor UMKM Melalui Fasilitasi Perdagangan

Oleh Tim Humas LNSW

Lembaga National Single Window menggelar acara webinar webinar Fasilitasi Perdagangan dalam Rangka Peningkatan Ekspor UMKM, pada Senin (23/11) lalu. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangkaian LNSW Fest yang berlangsung pada 23-28 November 2020.

Spesifik menargetkan peningkatan ekspor UMKM yang persentase jumlahnya paling besar di Indonesia, webinar tersebut mengulas secara mendalam berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mendorong UMKM melakukan ekspor. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi, hadir memberikan keynote speech dalam webinar yang dibuka langsung oleh Kepala LNSW Kemenkeu M.Agus Rofiudin tersebut. 

Nyatanya kendati menghadapi pandemi covid-19, kinerja ekspor Indonesia di tahun ini tidaklah lebih buruk dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari peran berbagai pihak yang terus berupaya untuk menggenjot ekspor Indonesia, baik pemerintah maupun pelaku usaha.

Pembahasan dalam acara itu sangat komprehensif, dengan Kasubdit Fasilitasi Perdagangan Barang ASEAN Kementerian Perdagangan Bona Kusuma, berbicara mengenai fasilitasi perdagangan di ASEAN yang dapat dimanfaatkan UMKM sebagai hasil dari perundingan ASEAN. Lalu ada Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Komersial Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Pretty Halim yang berbagi informasi mengenai berbagai dukungan pembiayaan yang tersedia bagi UKM Berorientasi Ekspor, serta Direktur Kepabeanan Internasional dan Antara Lembaga DJBC Kemenkeu R.Syarif Hidayat yang menjelaskan secara rinci mengenai Fasilitasi KITE IKM. Sejalan dengan semangat kolaborasi semua instansi pemerintah untuk hadir mendukung UMKM berorientasi ekspor, Direktur Efisiensi Proses Bisnis menjelaskan bagaimana Sistem INSW memungkinkan terhubungnya UMKM dan semua layanan pemerintah untuk UMKM, secara terintegrasi.

Diskusi yang dipadu oleh Arie Wibowo Irawan dari Made in Indonesia tersebut disambut antusias oleh penonton yang berjumlah lebih dari 500 orang, baik melalui Zoom maupun YouTube.Webinar itu melecutkan harapan bahwa masih banyak peluang perbaikan untuk peningkatan ekspor oleh UMKM di Tanah Air. Bersinergi, berkolaborasi, dan mendukung peningkatan ekspor oleh pelaku UMKM merupakan kunci bagi pemulihan ekonomi nasional.