LNSW Fest, Tantangan Aktif dan Kreatif di Tengah Pandemi

LNSW Fest, Tantangan Aktif dan Kreatif di Tengah Pandemi

Oleh Tim Humas LNSW

Menolak kalah oleh pandemi, LNSW mengajak masyarakat untuk aktif dan kreatif melalui penyelenggaraan LNSW Fest yang berlangsung 23-28 November 2020. Terdapat berbagai perlombaan yang dapat diikuti yakni Essay Competition untuk yang piawai menulis, LNSW virtual safe run dan LNSW virtual Fun Bike untuk yang hobi berolah raga, Photohunt Competition untuk yang hobi mengabadikan momen melalui bidikan kamera, LNSW Logo Contest untuk yang lihai mendesain, LNSW Cover Song Content Competition untuk yang hobi bernyanyi, dan LNSW Creative Challenge. 

 

LNSW Fest yang secara resmi dibuka pada 23 November 2020, diawali dengan kegiatan Kemenkeu Berbagi. Penyelenggaraan kegiatan amal secara virtual itu, membuktikan bahwa pandemi, jarak, dan perbedaan zona waktu bukanlah alasan untuk kita berhenti peduli dan berbagi. Karena di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

 

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto secara simbolis menyerahkan bantuan berupa dukungan pembelajaran jarak jauh untuk anak-anak di panti asuhan. Terdapat 12 panti asuhan dari 11 daerah di Nusantara yang menerima bantuan, yakni dari Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Cirebon, Pontianak, Balikpapan, Manado, Ambon, Sorong, dan Jakarta.


Acara pun dimeriahkan dengan persembahan istimewa dari teman-teman tuna netra di Yayasan Pendidikan Dria Raba, Denpasar, Bali.
Ada juga penampilan dari bintang tamu musisi Pongki Barata yang lagunya menjadi pilihan lagu dalam LNSW Cover Song Content Competition.   

 

Webinar Fasilitasi Perdagangan untuk Peningkatan Ekspor UMKM

 

Masih dalam rangkaian Opening LNSW Fest pada 23 November 2020, LNSW menggelar Webinar Fasilitas Perdagangan untuk Peningkatan Ekspor UMKM. Penyelenggaraan webinar tersebut merupakan wujud komitmen LNSW untuk turut mendukung ekspor UMKM demi pemulihan ekonomi nasional.

 

Kendati menghadapi pandemi covid-19, kinerja ekspor Indonesia di tahun ini tidaklah lebih buruk dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari peran berbagai pihak yang terus berupaya untuk menggenjot ekspor Indonesia, baik dari segi pemerintah maupun pelaku usaha.

 

Spesifik menargetkan peningkatan ekspor UMKM yang persentase jumlahnya paling besar di Indonesia, dalam webinar tersebut diulas mendalam berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mendorong UMKM melakukan ekspor. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi hadir memberikan keynote speech dalam webinar yang dibuka langsung oleh Kepala LNSW Kemenkeu M.Agus Rofiudin. 

 

Webinar tersebut membahas isu-isu penting guna peningkatan ekspor UMKM. Dengan Kasubdit Fasilitasi Perdagangan Barang ASEAN Kementerian Perdagangan Bona Kusuma, berbicara mengenai fasilitasi perdagangan di ASEAN yang dapat dimanfaatkan UMKM. Lalu ada Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Komersial Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Pretty Halim yang menceritakan berbagai dukungan pembiayaan yang tersedia bagi UKM Berorientasi Ekspor, serta Direktur Kepabeanan Internasional dan Antara Lembaga DJBC Kemenkeu R.Syarif Hidayat yang menjelaskan secara rinci mengenai Fasilitasi KITE IKM. Sejalan dengan semangat kolaborasi semua instansi pemerintah untuk hadir mendukung UMKM berorientasi ekspor, Direktur Efisiensi Proses Bisnis menjelaskan bagaimana Sistem INSW memungkinkan terhubungnya UMKM dan semua layanan pemerintah untuk UMKM, secara terintegrasi.

 

Seru sekali diskusi yang dipadu oleh Arie Wibowo Irawan dari Made in Indonesia itu, melecutkan harapan bahwa masih banyak peluang perbaikan untuk peningkatan ekspor oleh UMKM di Tanah Air.

 

Penutupan LNSW Fest

Festival yang perdana digelar LNSW tersebut, akhirnya resmi ditutup pada Sabtu, 28 November 2020. Para pemenang semua cabang lomba, diumumkan.

 

Meski dilangsungkan secara virtual, LNSW Fest Closing Ceremony tersebut berlangsung meriah dan penonton mengikutinya dengan antusias. Apalagi acara di akhir pekan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan dari rapper yang pada 2009 silam mempopulerkan single ‘Online’, yakni Saykoji. Sejumlah penonton ikut bernyanyi di rumahnya masing-masing, dan membagikan keseruannya melalui media sosial.