Perkuat Sinergi Kemenkeu dan Kemendag Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Perkuat Sinergi Kemenkeu dan Kemendag Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Oleh Tim Humas LNSW

Sebagai bentuk sinergi Kementerian Keuangan dan Kementerian Perdagangan dalam melindungi kesehatan masyarakat dan pencegahan lebih lanjut COVID-19 di dalam negeri  serta guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional khususnya pada sektor industri, pada Selasa (30/6) telah diselenggarakan "Sosialisasi Permendag No. 57 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Ekspor Bahan Baku Masker, Masker dan Alat Pelindung Diri".

Acara yang diadakan Kementerian Perdagangan secara daring itu, dibuka oleh Plt. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Srie Agustina dan menghadirkan Kepala Biro Hukum Kemendag Sri Hariyati, Direktur Efisiensi Proses Bisnis LNSW YFR Hermiyana dan Direktur Teknis Kepabeanan DJBC R. Fadjar Donny selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Plt. Dirjen Perdagangan Luar Negeri menyampaikan bahwa Permendag 57/2020 bertujuan untuk mendukung sektor industri dalam negeri dan mendorong perekonomian Indonesia di tengah perlambatan ekonomi dunia yang disebabkan oleh Pandemi COVID-19. Selanjutnya Kepala Biro Hukum Kemendag menjelaskan bahwa ekspor atas bahan baku masker, masker, dan/atau APD, hanya dapat dilakukan oleh eksportir setelah mendapat Persetujuan Ekspor dari Menteri Perdagangan (didelegasikan kepada Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri/Dirjen Daglu).

Dalam pelaksanaannya, eksportir mengajukan PE bahan baku masker, PE masker, dan/atau PE APD secara elektronik kepada Dirjen Daglu melalui INSW yang terintegrasi dengan INATRADE. Atas permohonan tersebut, paling lama 3 hari sejak permohonan diterima secara lengkap dan benar, Dirjen DAGLU menerbitkan PE melalui INATRADE yang terintegrasi dengan INSW, untuk selanjutnya disampaikan ke sistem DJBC dak eksportir. Namun, dalam hal terdapat peningkatan kebutuhan bahan baku masker, masker, dan APD di dalam negeri, Dirjen Daglu membekukan PE yang telah diterbitkan dan menolak permohonan PE. Peningkatan kebutuhan ini dibuktikan data pada Dashboard Monitoring Alat Kesehatan yang dikelola oleh LNSW. 

Melalui penyampaian informasi komprehensif mengenai ketentuan ekspor bahan baku masker, masker dan APD sesuai Permendag 57 2020 melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendukung sektor industri dalam negeri dan mendorong perekonomian Indonesia di tengah perlambatan ekonomi dunia yang disebabkan oleh Pandemi COVID-19.