LNSW Wakili Kementerian Keuangan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

LNSW Wakili Kementerian Keuangan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Oleh Tim Humas LNSW

Secara daring, pagi tadi (30/6) LNSW Kementerian Keuangan sebagai salah satu nomine dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020, mengikuti sesi Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diadakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membuka presentasi inovasi penerapan sistem pertukaran data elektronik ASEAN Trade in Goods Agreement (SiPakDe-ATIGA) tersebut.

 

Wakil Menkeu menyampaikan bahwa nilai utama inovasi SiPakDe-ATIGA adalah menangkap masa depan dimana era elektronik tidak akan bisa dihindari, malah menciptakan efisiensi dan tingkat efektivitas yang baru. Untuk penerapan inovasi ini, kita meyakinkan negara anggota ASEAN bahwa Indonesia leading di dalam implementasi dan inovasi ini memberikan kemudahan perdagangan antar negara anggota ASEAN. Sebagai informasi, SiPakDe-ATIGA adalah model pertukaran data elektronik di lingkup ASEAN dan telah menjadi benchmark bagi negara lain.

 

Kepala LNSW M. Agus Rofiudin yang mempresentasikan SiPakDe-ATIGA lebih lanjut kepada Tim Panel Independen, menjelaskan berbagai perubahan yang terjadi setelah penerapan SiPakDe-ATIGA, di antaranya adalah terjadi konektivitas yang membuat tidak perlu lagi ada pengiriman dokumen fisik. Hal ini mendorong terjadinya efisiensi waktu dan biaya. Dengan asumsi waktu pengiriman dokumen ATIGA fisik melalui kurir pos dari Indonesia ke Singapura contohnya, biasanya pengiriman dokumen memakan waktu sekitar 19 jam. Berkat SiPakDE-ATIGA, waktu pengiriman dokumen elektronik dipangkas menjadi hanya 9,75 menit. “Jadi 98,95 persen efiensinya waktunya,” simpul Kepala LNSW.

 

Dari sisi outcome, terjadi pengurangan waktu dwelling time satu hari. Selain itu, dari segi efisiensi biaya juga eliminasinya sampai Rp. 704 miliar selama 2 tahun. Selanjutnya, dashboard Sipakde ATIGA juga dapat diandalkan sebagai salah satu sarana untuk pengambilan keputusan dan kebijakan dalam rangka meningkatkan komoditas ekspor nasional.  Besar harapan agar LNSW dapat terus memberikan pelayanan publik yang inovatif.