Ikuti ASWSC, LNSW Kawal Pengembangan ASW Sejalan dengan INSW

Ikuti ASWSC, LNSW Kawal Pengembangan ASW Sejalan dengan INSW

Oleh Tim Humas LNSW

Melalui daring, pada 9-10 Juni 2020 lalu, Lembaga National Single Window turut menghadiri 24th ASEAN Single Window Steering Committee (ASWSC) Meeting. Delegasi RI diketuai oleh Sekretaris LNSW, Muhamad Lukman dan didampingi oleh Kepala Subbagian Hukum dan Hubungan Masyarakat, serta Kepala Seksi Perancangan Sistem. Partisipasi Delegasi RI dalam pertemuan tersebut bertujuan untuk memastikan agar pengembangan ASEAN Single Window sejalan dengan kepentingan dan kesiapan Indonesia National Single Window.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Mr. Lee Boon Chong, Senior Assistant Director-General (Trade) of Singapore Customs dan membahas kebijakan pengembangan ASW antara lain langkah-langkah peningkatan utilisasi ATIGA e-Form D dan rencana live operation ACDD serta e-Phyto Certificate pada 2020. Pada pembahasan langkah utilisasi ATIGA e-Form D, LNSW memaparkan tracking system yang sudah dijalankan di Sistem INSW dalam kaitannya dengan manfaat kepada negara anggota ASEAN lainnya dan pelaku usaha guna pengambilan kebijakan pemanfaatan klaim tarif preferensial secara optimal.

Selain penyediaan tracking system, pada kesempatan itu, LNSW menyampaikan pula langkah-langkah lainnya yang telah ditempuh guna meningkatkan utilisasi e-Form D antara lain melalui koordinasi secara intensif dengan Kementerian Perdagangan selaku penerbit e-COO, memastikan koneksi sistem antar kedua lembaga tetap handal guna kelancaran pengiriman e-COO, pembuatan dan publikasi video tutorial penggunaan tracking system dan pelaksanaan webinar bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dengan tema Peningkatan Fasilitas Ekspor Melalui Live Operation yang dihadiri lebih dari 500 peserta.

Lebih lanjut, LNSW juga menginformasikan perkembangan INSW khususnya dalam rangka menanggulangi COVID-19 melalui penyediaan aplikasi Perizinan Tanggap Darurat yang mempercepat proses importasi barang penanggulangan COVID-19. Melalui aplikasi yang disediakan oleh LNSW tersebut, proses pengajuan rekomendasi BNPB dan permohonan pembebasan bea masuk dapat dilakukan dengan cepat dan efisien sehingga ketersediaan barang penanggulangan COVID-19 di dalam negeri senantiasa terjaga.

Pertemuan yang berjalan lancar tersebut ditutup dengan komitmen seluruh negara anggota ASEAN terhadap 2020 ASW Work Plan and Priorities yang diantaranya meliputi rencana live operation ACDD dan e-Phyto Certificate antar negara anggota ASEAN pada September 2020 mendatang.