Tidak Terkendala Pandemi, LNSW Gelar Sosialisasi SSm Karantina

Tidak Terkendala Pandemi, LNSW Gelar Sosialisasi SSm Karantina

Oleh Humas LNSW

Melalui daring, Selasa (3/4), Lembaga National Single Window, Kementerian Keuangan, mengadakan kegiatan Sosialisasi Single Submission (SSm) Pabean Karantina. Sosialiasi yang dipimpin oleh Direktur Penjaminan Mutu LNSW tersebut dihadiri oleh 186 peserta sosialisasi.

Selain pengguna jasa dan Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) yang melakukan kegiatan importasi komoditas yang memerlukan pemeriksaan karantina di Pelabuhan Tanjung Emas dan Tanjung Perak, sosialisasi itu juga diikuti rekan-rekan dari KPPBC TMP Tanjung Perak, Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Balai Karantina Ikan Kelas II Tanjung Perak Surabaya, KPPBC TMP Tanjung Emas, Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, dan Balai Karantina Ikan Kelas II Tanjung Emas Semarang.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai langkah persiapan jelang piloting SSm Pabean Karantina di Semarang dan Surabaya. Melalui SSm Pabean Karantina, nantinya akan terwujud simplifikasi pengajuan dokumen oleh pelaku usaha yaitu melalui Sistem INSW dengan melakukan pengisian seluruh elemen data yang diwajibkan. Pelaku usaha cukup mengajukan sekali melalui Sistem INSW, lalu Sistem INSW yang akan mendistribusikan data pengajuan dimaksud kepada Barantan/BKIPM dan/atau Bea Cukai untuk selanjutnya dilakukan proses manajemen risiko dan/atau joint inspection dalam masing Barantan/BKIPM dan/atau Bea Cukai melakukan pemeriksaan atas komoditi yang sama.