LIVE OPERATION ASW TETAP SESUAI JADWAL

LIVE OPERATION ASW TETAP SESUAI JADWAL

MESKIPUN BEBERAPA PROSEDUR MASIH MANUAL, LIVE OPERATION ASW TETAP SESUAI JADWAL

Jakarta, 3 November 2017

PertemuanThe Working Group on Technical Matters for ASEAN Single Window (TWG-ASW) ke-41 menegaskan komitmen untuk memulai Live Operation ASW pada 1 Januari 2018 yang sebelumnya telah disepakati pada pertemuan ASW Steering Committee (ASWSC) ke-19. Pertemuanyang diadakan di Hanoi Grand Plaza Hotel, Vietnam pada tanggal 17-20 Oktober 2017 tersebut dipimpin oleh Dr.Ramlah Mukhtar dengan dihadiri oleh 8 negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Myanmar. Selain itu, ASEAN Secretariat (ASEC) dan USAID-ACTI juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Live Operation ASWyang ditandai dengan penerapan penggunaan e-form D untuk pemberian bea masuk   preferensi merupakan capaian penting untuk mempermudah pertukaran data antar negara anggota ASEAN dengan menggunakan sistem elektronik. Hal ini sesuai dengan tujuan pembentukan ASEAN Economic Community (AEC) yaitu untuk mempercepat arus perdagangan antar negara di kawasan ASEAN.

Dari 10 negara anggota ASEAN, Indonesia bersama Malaysia, Singapura, dan Vietnam menyatakan siap untuk memulai Live Operation ASW pada 1 Januari 2018. Namun demikian prosedur retroactive check, cancellation,dan replacement masih akan menggunakan cara manual dikarenakan sistem di negara ASEAN belum juga siap. Hal ini juga disampaikan oleh delegasi Indonesia saat mempresentasikan aplikasi yang telah disiapkan untuk melakukan proses cancellation dan retroactive check. Delegasi Indonesia mengatakan bahwa saat ini belum bisa melaksanakan testing aplikasi karena belum ada negara anggota ASEAN lainnya yang siap.

Pembahasan mengenai prosedur retroactive check, cancellation,dan replacement akan dibahas lebih lanjut dengan tidak mengganggu Live Operation ASW pada 1 Januari 2018. Pembahasan lanjutan tersebut bertujuan agar prosedur-prosedur di atas dapat dilakukan melalui sistem sehingga tidak lagi dengan cara manual.