20 Ribu Pengusaha Importir Sudah Terapkan NSW

20 Ribu Pengusaha Importir Sudah Terapkan NSW

JAKARTA - Meskipun baru secara resmi diluncurkan pada hari ini, namun sudah sekira 20 ribu pengusaha importir dan 1.300 perusahaan kepabeanan di empat pelabuhan yang menerapkan sistem National Single Window (NSW).

Empat pelabuhan tersebut seperti diketahui di antaranya adalah Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan, dan Makassar.
 
"NSW impor mulai diterapkan secara mandatori, tapi perusahaan yang sudah memanfaatkan pelayanan NSW saat ini lebih dari 20 ribu pengusaha importir," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai ketua tim persiapan NSW dalam laporannya di acara Peluncuran Sistem NSW di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/1/2010).
 
Seperti diketahui, NSW tersebut sudah mulai dilakukan persiapan semenjak 2006 dan direncanakan akan menjadi bagian dari ASEAN Single Window (ASW) pada 2012 mendatang.
 
Sementara itu, dalam tahap pengembangan NSW, tim telah melakukan kerja sama dengan perwakilan Kementerian Lembaga (K/L), Kadin, para pakar kompeten yang melakukan pertemuan berkala dan konstruktif.
 
Selain itu, pertemuan juga dilakukan dengan para pelaku ekspor-impor, asosiasi dunia usaha, dan pemangku kepentingan lain untuk membahas masalah yang ada.
(ade)

Source