NSW Kurangi Kongkalikong Petugas & Eksportir

NSW Kurangi Kongkalikong Petugas & Eksportir

SURABAYA - Fasilitas perdagagangan National Single Window (NSW) yang dibutuhkan dalam upaya mendukung terbentuknya masyarakat ekonomi ASEAN 2015 telah menjadi program pemerintah untuk meningkatkan efisiensi kegiatan ekspor - impor.

Menteri Keuangan Sri mulyani pada pembukaan implementasi NSW mengatakan, NSW merupakan contoh upaya dari pemerintah untuk mengurangi kongkalikong antara petugas plabuhan maupun petugas bea cukai dengan eksportir - importir.

"Sebenarnya NSW menjadi media pengawasan impor dan ekspor yang terintegratif dan terkoordinatif. Dengan demikian, aktivitas perdagangan yang dapat merugikan kepentingan nasional dan distribusi barang dapat dideteksi secara cermat," tutur Sri Mulyani, saat peresmian NSW di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (29/7/2009).

Menkeu menambahkan, peluncuran NSW di Surabaya dilakukan berdasar pertimbangan Pelabuhan Tanjung Perak telah ditetapkan sebagai salah satu pelabuhan yang akan melaksanakan kepabeanan dan perizinan ekspor dan impor melalui sistem NSW.

Saat ini tercatat 2.600 importir dan 3.600 eksportir yang secara aktif melakukan aktifitas ekspor dan impor di pelabuhan Tj Perak, Surabaya. Nilai ekspor dan impor melalui pelabuhan Tj Perak pada periode Juli 2008-Juni 2009 mencapai USD13 miliar dan nilai impor USD9,7 miliar.

(Arief Sinaga/Trijaya)(//jri)

Source