Acara sosialisasi penerapan secara penuh Sistem NSW Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok

Acara sosialisasi penerapan secara penuh Sistem NSW Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok

Pada tanggal 19 Juli 2010, Tim persiapan INSW mengadakan sosialisasi penerapan Sistem NSW Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok terhadap para perusahaan yang bergerak di bidang ekspor, yang bertempat di Auditorium Utama kantor pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Acara sosialisasi ini adalah bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap para pengusaha (perusahaan ekspor, ppjk dan asosiasi) agar dalam implementasi secara penuh (mandatory) pada tanggal 5 Agustus 2010 tidak mengalami kendala atau permasalahan. Atau juga jika memang terjadi permasalahan, bisa tau solusinya.

Sosialisasi ini dibuka oleh Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai kemudian dilanjutkan dengan presentasi NSW Ekspor, Presentasi Lartas Ekspor, presentasi sistem Inatrade dari Kementerian Kehutanan dan presentasi tentang perijinan CITES dari Kementerian Kehutanan.

Acara yang pertama adalah sambutan dan pembukaan dari Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai selaku Ketua Pelaksana Teknis Harian NSW. Beliau menyampaikan bahwa implementasi NSW Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok adalah sebagai rangkaian penahapan implementasi sistem NSW secara nasional. Selain itu penerapan secara penuh NSW Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok adalah sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 bahwa sistem NSW Ekspor harus diimplementasikan di 5 pelabuhan yaitu Belawan, Tanjung Priok, Bandara Soekarno Hatta, Tanjung Emas dan Tanjung Perak.

Selain itu Direktur Jenderal Bea dan Cukai juga sudah mengeluarkan Kep Nomor 50 tahun 2010 tentang penerapan secara penuh sistem NSW Ekspor di lima pelabuhan besar.

Selanjutnya adalah acara presentasi tentang NSW Ekspor yang disampaikan oleh Tim Teknis INSW. Dalam sesi ini para peserta sosialisasi diberikan pengarahan apa saja yang harus dilakukan.

Acara dilanjutkan dengan presentasi lartas ekspor oleh Tim Lartas INSW.

Yang terakhir adalah sesi tanya jawab antara peserta sosialisasi dengan Tim Teknis untuk menanyakan hal-hal yang terkait dengan nanti penerapan secara penuh. Beberapa pertanyaan penting yang perlu diketahui adalah:

  1. Apakah SOP dan SLA sudah di-publish ke pengguna jasa
  2. Bagaimana jika menurut BC perijinan belum di-upload tetapi menurut instansi penerbit ijin sudah di-upload
  3. Bagaimana dengan perijinan ekspor yang belum diotomasikan dalam sistem NSW Ekspor
  4. Bagaimana jika user id dan password portal NSW sudah expired
  5. Apa perbedaan NSW dengan EDI
  6. Bagaimana kesiapan pihak-pihak terkait NSW untuk implementasi 5 Agustus 2010

Nah bagi yang tidak sempat mengikuti acara sosialisasi tersebut dapat men-download file-file presentasi dalam acara tersebut berikut ini:

DOWNLOAD