Layanan Perizinan Depdag Ditargetkan Online Pada 2010

Layanan Perizinan Depdag Ditargetkan Online Pada 2010

JAKARTA - MI: Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menargetkan sistem perizinan perdagangan dalam dan luar negeri akan sepenuhnya online pada 2010.

"INATRADE, layanan perizinan single window yang ada di Depdag itu sudah selesai sebetulnya, tapi belum semuanya online. Target untuk tahun depan semua harus bisa online. Itu juga diharapkan bisa mengurangi cost of doing bussiness," kata Mendag usai bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat dan pengusaha di Kantor Kadin, Jakarta, Jumat (23/10).

Saat ini, dari 74 jenis perizinan yang diterbitkan oleh Direktorat Impor, Depdag baru 50 yang dilayani secara online melalui situs INATRADE. Sedangkan, perizinan ekspor masih dalam tahap pengembangan untuk dilayani secara online.

INATRADE merupakan salah satu sistem perizinan yang menjadi bagian dari National Single Window (NSW). NSW merupakan sistem layanan ekspor impor online terpadu antar berbagai instansi.

Saat ini, Indonesia sedang melakukan ujicoba NSWB dengan Filipina, sebelumnya juga telah dilakukan ujicoba pertukaran Surat Keterangan Asal (SKA) dengan Malaysia.

ASEAN menargetkan terhubungnya NSW masing-masing anggota menjadi ASEAN Single Window (ASW) pada akhir 2009 ini. Namun, hingga kini masih terjadi perdebatan antar negara anggota ASEAN terkait sistem.

"Saya baru mendapat laporan bahwa ada perdebatan soal sistemnya, antara menggunakan federal system atau sistem yang seragam dengan pola inter-operability. Yang penting bagaimana sistem ini bisa jalan, yaitu dengan inter-operability," jelasnya.

Mendag berharap dengan inter-operability maka Singapura yang sebelumnya merasa keberatan menyamakan sistem kepabeanannya dengan negara ASEAN lain akan bersedia bergabung membentuk ASW. (Ant/OL-7)

Source