Sistem NSW Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

Sistem NSW Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

JAKARTA, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya ketika meresmikan peluncuran sistem NSW di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, meyakini daya saing perekonomian, terutama bidang perdagangan dalam negeri, akan meningkat dengan penerapan sistem pelayanan kepabeanan terintegrasi (National Single Window).

"Sistem ini bukan hanya penting untuk Asean, tapi kita ingin ekonomi domestik, antarpulau, antarprovinsi, bisa berjalan lebih efisien," katanya saat meluncurkan penerapan sistem NSW di Pelabuhan Tanjung Priok hari ini.

Dengan menggunakan pengurusan dokumen untuk impor dan ekspor menggunakan NSW, jelasnya, akan menyebabkan penyelesaian surat menyurat serta perizinan memasukkan dan mengeluarkan barang menjadi lebih cepat, mudah, murah, dan terukur karena transparan pemrosesannya.

Saat ini NSW diterapkan di lima pelabuhan dan bandara, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Mas, Bandara Soekarno Hatta, dan Belawan.

NSW merupakan sistem layanan publik terintegrasi untuk menyelesaikan kegiatan lalu lintas barang impor dan ekspor dengan fasilitas elektronik. Pengajuan, pertukaran, dan pemrosesan informasi terkait kegiatan impor dan ekspor dilakukan secara satu pintu melalui fasilitas elektronik.

Pemerintah menciptakan NSW untuk meningkatkan daya saing perekonomian nasional dengan meningkatkan kelancaran arus barang, sekaligus merupakan wujud komitmen Indonesia untuk menjalankan kesepakan untuk melakukan hal yang sama di tingkat Asean, yang ditargetkan akan dilakukan secara serempak pada 2011

Source