NSW Beri Kemudahan bagi Pelaku Usaha

NSW Beri Kemudahan bagi Pelaku Usaha

Medan-Analisa, Penerapan sistem layanan terintegrasi ke pabeanan National Singel Window (NSW) di sejumlah pelabuhan di tanah air termasuk Pelabuhan Belawan Sumatera Utara memberi kemudahan bagi kelancaran perdagangan ekspor-impor di daerah ini.

Dunia usaha pantas berterima kasih atas perhatian dan keseriusan pemerintah memberi kemudahan bagi pengusaha dalam menghadapi perdagangan bebas. Bahkan dengan NSW diharapkan dapat menekan biaya ekonomi tinggi yang selama ini terbebani dunia usaha.

Pemberlakuan NSW selama 24 jam otomatis dapat mendorong kelancaran pengurusan berbagai dokumen kepabeanan bagi kepentingan pelaku usaha maupun perusahaan pengurusan jasa kepabeanan (PPJK)", kata Drs Khairul Mahalli, Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut kepada Analisa di Medan, Sabtu (30/1).

Wakil Ketua Kadin Medan ini diminta tanggapannya sehubungan diresmikan secara serentak penerapan NSW oleh Presiden Sosilo Bambang Yudhoyono di lima pelabuhan yaitu Tanjung Periok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Belawan dan Soekarno-Hatta, pekan lalu.

Khairul menyatakan pemberlakuan sistem layanan terintegrasi itu merupakan kesungguhan pemerintah dalam mendorong ekspor termasuk menghadapi perdagangan bebas antara ASEAN-China atau ASEAN China Free Trade Agreement (AC-FTA).

Sekarang paling tidak 15 dinas/instansi terkait perizinan dan peraturan sudah terakomodir dalam portal sistem online tersebut. Bahkan NSW erat kaitannya dengan ASEAN Singel Window/ASW yang ditandatangani para pemimpin negara-negara ASEAN di Bali beberapa waktu lalu."Ini membawa berkah bagi pelaku usaha yang memanfaatkan kemudahan fasilitas tersebut", ujarnya.

Khairul melukiskan posisi Sumut sangat strategis sebagai pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. Itu sebabnya kelengkapan fasilitas Pelabuhan Belawan sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja ekspor.

Pada 2015 akan dibentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN. Seperti halnya Masyarakat Ekonomi Eropa atau (MEE) sehingga Medan termasuk kota besar yang memegang peranan penting di sektor perdagangan ekspor.

Bagaimanapun pemerintah pusat harus siap melaksanakan program NSW secara berkesinambungan. Pemerintah provinsi, kabupaten/kota, Pelindo, Bea & Cukai, Adpel Belawan dan Disperindag sudah bertekad mendukung program NSW.

Kesiapan

"Bahkan Dirut Pelindo I telah melaporkan kepada presiden tentang kesiapan Pelabuhan Belawan menghadapi AC-FTA dengan meningkatkan fasilitas pelayanan bagi pengguna jasa pelabuhan tersebut", kata Khairul Mahalli yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Impor Indonesia.

Menyinggung tentang akan dilaksanakannya Joint Businees Council (JBC) MT-GT di Pakanbaru pada 4-6 Februari, dia mengharapkan kepada pengusaha Sumut ikut ambil bagian pada JBC yang dihadiri pengusaha di 10 provinsi di Sumatera. (bay)