Indonesia melakukan uji coba sistem INSW dengan Filipina

Indonesia melakukan uji coba sistem INSW dengan Filipina

Setelah sukses lakukan uji coba implementasi National Single Windows dengan Malaysia beberapa waktu lalu, kini akan berlanjut dengan Filipina. Uji coba ini menjadi tahapan penting agar proses integrasi data dan sistem terjamin sebelum integrasi pasar Asean berlangsung.

Ketua Pelaksana Teknis Tim National Single Window (NSW) Susiwidjono pada kesempatan rapat koordinasi pelaksanaan NSW baru-baru ini, di lingkungan kantor Departemen Perdagangan, Jakarta menyatakan, uji coba pelayanan ekspor impor satu atap akan berlanjut ke Filipina setelah sukses dengan Malaysia pada awal Juni 2009 lalu.

Susiwidjono seperti diungkapkan Viva News menyatakan, "Setelah Malaysia diujicobakan, selanjutnya mungkin Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam." Apalagi ketiga negara tersebut siap untuk melakukan uji coba.

Selain itu juga sedang dilakukan cost benefit analysis dengan negara Thailand. Namun demikian implementasi NSW bukanlah permasalahan yang sederhana, bila hambatan teknis relatif dapat disolusikan dengan cepat maka tidak demikian dengan aspek yuridis.

Pertukaran data dan informasi menyangkut kepentingan antar negara sehingga aspek legal pun harus diutamakan. Hal ini penting untuk menghadapi masalah akurasi data yang dimasukkan ke dalam sistem yang belum jelas wilayah penyelesaian secara yuridiksi.

 
http://jakarta.wartaegov.com/index.php?&&id=4231:indonesia-uji-coba-nsw-dengan-filipina&&