Sosialisasi SSO Badan POM

Sosialisasi SSO Badan POM

Pada tanggal 24 Agustus 2011, Badan POM mengadakan sosialisasi Single Sign On (SSO) pada aplikasi e-bpom dan INSW.

Sosialisasi bersama Badan POM dan Direktorat Jendral Bea Cukai ini diikuti oleh beberapa importir terbatas antara lain : PT. Tempo, PT. MERCK TBK, PT. PT. Tigaka Distrindo Perkasa, PT Kalbe Farma TBK, PT. Oriflame Cosmetics Indonesia, PT. Loreal Indonesia, PT Amindoway Jaya, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Procter & Gamble Home Products Indonesia, PT. Firmenich Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk, PT. Torabika Eka Semesta, PT. Sukanda Djaya, PT. Nutricia Medical Nutrition, Asosiasi GP Farmasi .

Dengan fasilitas SSO, sistem memberikan Layanan Informasi secara efisien antara lain importir melakukan sekali login ke sistem, dan tidak perlu login lagi jika ingin mengakses sistem lain yang berafiliasi dengan sistem INSW (once sign-in, multiple access). Hal ini bertujuan untuk:

  Mengurangi password fatigue (kelelahan penggunaan banyak password)
  Mengurangi waktu untuk mengisikan password atas identitas user yang sama
  Mengurangi IT-costs terkait permasalahan ke helpdesk berkaitan dengan password
  Menghilangkan ketidaknyamanan pengguna pada saat proses security (autentikasi) pada semua level kegiatan entry/exit/access ke dalam sistem

Pada acara ini didemokan penggunaan SSO Badan POM INSW, mengawal rencana implementasi pada September 2011. Selain itu para importir juga diberikan manual panduan dalam penggunaan sistem SSO Badan POM.