Dampak Positif Reformasi Bagi Perpajakan dan Fasilitasi Perdagangan

Dampak Positif Reformasi Bagi Perpajakan dan Fasilitasi Perdagangan

Oleh Tim Humas LNSW

Lembaga National Single Window diundang menjadi pembicara dalam webinar internasional bertajuk ‘Tax Reform Policy and Trade Facilitation EU and Indonesia: Challenge and opportunity within the digital economy’ yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro pada Rabu (14/10). Topik mengenai peluang dan tantangan reformasi perpajakan juga fasilitasi perdagangan di Uni Eropa dan Indonesia, dibahas pada webinar internasional tersebut.

 

Direktur Penjaminan Mutu LNSW Ircham Habib yang hadir sebagai narasumberdidampingi oleh Kepala Seksi Perancangan Sistem LNSW Fachry Rozy Oemar, mengulas bagaimana fasilitasi perdagangan secara elektronik dilakukan melalui Sistem INSW. Tentu saja, hadirnya LNSW yang bertugas melaksanakan Pengelolaan INSW dan Penyelenggaraan SINSW, merupakan wujud reformasi dalam bidang fasilitasi perdagangan. Membandingkan berbagai proses terkait ekspor dan impor antara sebelum dan sesudah implementasi INSW, ditunjukkan efisiensi proses yang dilakukan karena tidak ada memerlukan dokumen hard copy.

 

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Wakil Rektor Undip Prof.Budi Setiyono, Profesor Marcco Greggi dari University of Ferrara, dan dosen Fisip Undip Ika Riswanti Putranti, menjadikan acara tersebut semakin komprehensif.  Baik reformasi perpajakan maupun fasilitasi perdagangan, sama-sama berdampak signifikan bagi kemajuan suatu bangsa. Ketika dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, reformasi perpajakan dan fasilitasi perdagangan menciptakan efisiensi dan berdampak positif bagi perekonomian. Tidak hanya menciptakan kemudahan, keduanya juga meningkatkan perlindungan dari berbagai peluang kejahatan finansial.