Dorong Ekspor Nasional, LNSW Teken Nota Kesepahaman dengan LPEI

Dorong Ekspor Nasional, LNSW Teken Nota Kesepahaman dengan LPEI

Oleh Tim Humas LNSW

Bertempat di kantor Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Senin ini (16/12) dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara LPEI dan Lembaga National Single Window tentang Kerja Sama dalam Rangka Mendorong Ekspor Nasional. Penandatangan dilakukan langsung oleh Kepala LNSW, M. Agus Rofiudin dan Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly (Direktur Eksekutif LPEI).

Kerjasama tersebut dimaksudkan dalam rangka pertukaran data dan mewujudkan sinergi dan koordinasi guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak. Melalui kerjasama terebut, LNSW dan LPEI berkomitmen untuk melaksanakan pengembangan integrasi sistem informasi melalui Sistem INSW dalam rangka mendorong peningkatan ekspor nasional dan melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi kedua lembaga.

Dalam praktiknya, sinergi dan kolaborasi guna mendorong ekspor nasional ini dilakukan melalui penyediaan dashboard yang dapat digunakan oleh LPEI sebagai sumber data dalam melakukan analisa/monitoring/early warning system (EWS) terkait dengan aspek Pelaku, Produk, dan Pasar (3P). Selain itu, LNSW dan LPEI juga berkomitmen untuk memperkaya data/informasi khususnya terkait dengan ekspor/impor dalam database Big Data Ekspor dan National Export Dashboard (NED) yang dikelola oleh LPEI maupun database Single Stakeholder Information (SSI) yang dikelola oleh LNSW.