Tingkatkan Fasilitasi Perdagangan Melalui Manajemen Risiko

Tingkatkan Fasilitasi Perdagangan Melalui Manajemen Risiko

Oleh Tim Humas LNSW

Pada Hari Kamis (20/2), Lembaga National Single Window turut berpartisipasi sebagai narasumber dalam acara Workshop on Setting Up a Risk Management Pilot Program at the Ministry of Trade Involving AEO/MITA Companies yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan difasilitasi oleh Deutsche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Risk Management merupakan bagian dari WTO’s Trade Facilitation Agreement (TFA) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam proses perdagangan lintas batas yang pada akhirnya akan mereduksi biaya perdagangan dan meningkatkan nilai rantai pasokan global.Dengan penerapan Risk Management, Kementerian/Lembaga diharapkan dapat menentukan profil risiko setiap pelaku usaha dan membantu mencapai keselarasan antara pelayanan dan pengawasan.

Dengan penentuan profil risiko, diharapkan adanya perbedaan perlakuan antara “reputable trader” dengan yang bukan. Perbedaan data tersebut berupa simplifikasi dalam pemberian perizinan ataupun pengawasan berdasarkan manajemen risiko.