LNSW Gandeng DJP Genjot Ekspor Lewat Seminar Pemberdayaan UMKM

LNSW Gandeng DJP Genjot Ekspor Lewat Seminar Pemberdayaan UMKM

Oleh Humas LNSW

Minimnya informasi terkait akses dalam proses kegiatan ekspor mejadi salah satu kendala yang hingga saat ini masih sering dialami oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air. Inklusi informasi tentu aja akan sangat berdampak pada kemampuan pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk-produk unggulan mereka menembus pasar ekspor dunia.

Menjawab tantangan inklusifitas informasi yang dialami oleh para pelaku UMKM, LNSW bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggelar seminar bertajuk “Peningkatan Ekspor Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kantor Bersama Ekspor yang berlokasi di Gedung LNSW lantai Ground. Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (31/01), dibuka oleh Agus Rofiudin, Kepala Lembaga National Single Window dan dihadiri oleh para undangan dari beberapa Kementerian/Lembaga.

Ada 2 narasumber dari DJP yang dihadirkan untuk memberikan materi pada kegiatan seminar UMKM yang berlangsung selama 3 jam ini yakni Aan Almaidah Anwar (Kasubdit Penyuluhan Perpajakan DJP) dan Taufiq (Kepala Bidang PEP Kanwil DJP Sumsel Babel). Dalam penjelasannya kepada para peserta seminar, Aan Almaidah menyatakan bahwa tidak sedikit tantangan yang mereka hadapi untuk membantu UMKM go internasional. “Sebagai bentuk approach terhadap UMKM yang umumnya reluctant dengan hal-hal terkait Pajak, DJP mengembangkan Business Development Service (BDS) yang merupakan inisaitif untuk mendamping UMKM agar naik kelas”, tutur Aan.  Mekanisme selanjutnya adalah BDS tersebut dilaksanakan secara mandiri melalui kegiatan bersama komunikasi UKM dan kerjasama dengan Kementerian/Lembaga, dan BUMN lainnya.

Selain terkait program DBS, DJP ternyata juga melakukan pendampingan dalam beberapa pentahapan kepada UMKM. “Mulai dari pendaftaran, perizinan, pembukuan/pelaporan, permodalan, sampai dengan pemasaran. Setiap tahap tersebut membutuhkan sinergi/kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga lainnya, termasuk dengan LNSW”, pungkas Taufik menutup acara.