Makin Mudah Ajukan Fasilitas Fiskal Migas dan Panas Bumi

Makin Mudah Ajukan Fasilitas Fiskal Migas dan Panas Bumi

Humas LNSW

Berlokasi di Auditorium Sabang, Kantor Pusat DJBC, Jumat (24/1), puluhan pelaku usaha mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Fasilitas Fiskal untuk Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Kegiatan Penyelenggaraan Panas Bumi secara Single Submission (SSm) melalui Sistem INSW. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Fasilitas Kepabeanan, DJBC tersebut, didemonstrasikan penggunaan aplikasi SSm Migas yang dipandu langsung oleh tim teknis dari Lembaga National Single Window.

Dengan pelayanan fasilitas fiskal secara online, pelaku usaha cukup mengakses Sistem INSW untuk mendapatkan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Dengan demikian, pelaku usaha tidak perlu lagi mengakses sistem dari 3 (tiga) Kementerian/Lembaga sehingga diharapkan dapat menyederhanakan proses transaksi dan mempersingkat waktu pengurusan dokumen.

Pada hari sebelumnya (23/1), telah dilaksanakan pula sosialisasi dua Peraturan Menteri Keuangan yang menjadi dasar pengajuan fasilitas fiscal secara online melalui Sistem INSW, yaitu PMK Nomor 217/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Atas Impor Barang Untuk Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi serta PMK Nomor 218/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan/atau Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Atas Impor Barang untuk Kegiatan Penyelenggaraan Panas Bumi.

Terbitnya kedua PMK dimaksud dan pelaksanaan bimbingan teknis pengajuan fasilitas fiskal diharapkan dapat mewujudkan peningkatan pelayanan, tertib administrasi, dan memberikan jaminan kepastian hukum pemberian pembebasan bea masuk dan/atau pajak dalam rangka impor atas barang untuk kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi serta penyelenggaraan panas bumi.