PELAJARI SISTEM SINGLE WINDOW, DELEGASI NEPAL CUSTOMS KUNJUNGI PP INSW

PELAJARI SISTEM SINGLE WINDOW, DELEGASI NEPAL CUSTOMS KUNJUNGI PP INSW

PP INSW menerima kunjungan untuk kegiatan study visit dari pihak pemerintah luar negeri

PP INSW kembali menerima kunjungan untuk kegiatan study visit dari pihak pemerintah luar negeri. Kali inisebanyak 9 orang delegasi Bea dan Cukai dari pemerintah Nepal datang menyambangi kantor PP INSW yang berlokasi di Gedung Sarana Jaya 3, Jakarta Pusat. Kunjungan yang berlangsung pada Rabu, (25/10) lalu fokus pada pengembangan dan operasional sistem dari Indonesia National Single Window (INSW).
Diskusi berlangsung dengan cukup atraktif. Secara bergantian, para Deputi INSW memberikan penjelasan untuk setiap pertanyaan yang diajukan oleh  delegasi Bea dan Cukai Nepal. Pemerintah Nepal sendiri memang belum menerapkan sistem single windowdalam peraturan ekspor-impor negara mereka. Oleh karenanya, kunjungan ini menjadi sebuah momentum yang dinilai sangat tepat untuk belajar lebih banyak lagi mengenai hal tersebut.
“Sistem Single Window yang sudah diterapkan di Indonesia cukup meng-encourage dan sangat menginspirasi kami untuk dapat dikenalkan serta diterapkan di Nepal. Technical system memang menjadi highlight utama kami dalam kunjungan ini”, ungkap Sishir Kumar Dhungana, Ketua Delegasi Bea dan Cukai Nepal.Pria yang menjabat sebagai The Revenue Secretary Kementerian Keuangan Nepal ini cukup optimis ketika mengetahui bahwa sistem INSW sudah diimplementasikan sejak tahun 2007 silam.
Hal lain yang dianggap cukup meng-influence delegasi Bea dan Cukai Nepal adalah ketika PP-INSW sudah mampu menerapkan sistem mandatory terhadap 22 Kementerian/ Lembaga di Indonesia. Tentunya menjadi sebuah tantangan yang hingga saat ini masih sangat sulit untuk dihadapi oleh pihak pemerintah Nepal terkait kebijakan ekspor impor di negera mereka.  Kisah sukses dari Indonesia ini nantinya akan disampaikan oleh delegasi Bea dan Cukai Nepal kepada para pemangku kepentingan di Nepal sepulang dari kunjungan ke kantor PP-INSW. Selepas dari Indonesia, rencananya pihak Bea dan Cukai Nepal akan langsung melanjutnya study visit untuk belajar mengenai sistem single windowdan terkait masalah kepabeanan lainnya di negara Australia dan New Zealand.
Selain berdiskusi mengenai sistem INSW, para delegasi dari Bea dan Cukai Nepal juga disuguhi presentasi singkat mengenai INATRADE dari perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Paparan ini diharapkan akan mampu menambah insight para delegasi Bea dan Cukai Nepal dalam hal pengurusan izin ekspor impor secara elektronik di tanah air. Kedepannya, pihak Bea dan Cukai Nepal berharap akan segera merealisasikan sistem single window ini di negara mereka, karena memang hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan sistem.