INDONESIA SUKSES MEMPERTUKARKAN DATA CO FORM D MELALUI SISTEM ASW

INDONESIA SUKSES MEMPERTUKARKAN DATA CO FORM D MELALUI SISTEM ASW

Indonesia bersama dengan Singapura dan Thailand sukses mempertukarkan data live Certificate of Origin (CO) Form D melalui sistem ASEAN Single Window (ASW)

Jakarta, 1 Agustus 2016

Indonesia bersama dengan Singapura dan Thailand sukses mempertukarkan data live Certificate of Origin (CO) Form D melalui sistem ASEAN Single Window (ASW). Laporan keberhasian tersebut disampaikan pada pertemuan ke-36 Working Group on Technical Matters for ASW (TWG-ASW) yang diselenggarakan pada tanggal 26 – 29 Juli 2016 di Phnom Penh, Kamboja. Pada pertemuan tersebut Indonesia diwakili oleh PP-INSW dengan ketua delegasi Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga PP-INSW, Harmen Sembiring.  

Data live CO Form D merupakan data elektronik dari CO Form D yang selama ini pengirimannya masih secara manual menggunakan hardcopy yang dimanfaatkan oleh importir untuk mendapatkan pengurangan / penghapusan bea masuk sesuai perjanjian Free Trade Agreement antar Negara Anggota ASEAN. Dengan pengiriman data secara elektronik, maka proses pemberian bea masuk preferential tersebut dapat lebih cepat sehingga mempercepat pula proses ekspor dan impor antar Negara Anggota ASEAN.

Ratifikasi Protocol of Legal Framework to Implement ASW (PLF) dan endorsement terhadap amandemen Operating Certification Procedure (OCP) oleh semua Negara Anggota ASEAN diperlukan agar data live CO Form yang secara  teknis sudah berhasil dipertukarkan tersebut secara efektif dapat dipakai sebagai dasar untuk memberikan bea masuk preferential. Saat ini,  Myanmar, Vietnam, Malaysia, dan Thailand telah menyelesaikan ratifikasi PLF, sedangkan Indonesia sedang dalam proses penyelesaian rancangan Peraturan Presiden. Sementara untuk amandemen OCP, tinggal Vietnam yang belum melakukan endorsement.

Kedepan semua data/dokumen yang terkait ekspor impor antar Negara Anggota ASEAN akan dipertukarkan secara elektronik melalui sistem ASW. Selain perkembangan pertukaran data CO Form D, pertemuan TWG-ASW juga membahas beberapa agenda lain seperti rencana pertukaran ASEAN Customs Declaration Document (ACDD) dan Electronic Sanitary and Phyto-Sanitary (e-SPS) serta pembentukan Project Management Office (PMO) untuk menjaga keberlanjutan pengelolaan ASW.

--o0o--