Persepsi Yang Salah Mengenai Sistem INSW yang Memperpanjang Birokrasi Importasi Barang

Persepsi Yang Salah Mengenai Sistem INSW yang Memperpanjang Birokrasi Importasi Barang

Beberapa user / pengguna jasa atau mungkin merasakah bahwa sistem INSW malah menghambat proses importasi barangnya dan menambah daftar birokrasi yang harus dilewati.

Hal tesebut tidak sesuai dengan konsep sistem INSW yaitu mempercepat proses ekspor dan impor. Sistem INSW salah satunya  didesain untuk menyatukan sistem perijinan di semua GA penerbit ijin yang terkait dengan proses importasi sebelah barang. Di sisi lain INSW didesain agar user / orang yang melakukan importasi dapat langsung mengetahui status importasinya.

Setiap ada implementasi sistem batu di Indonesia pasti terdapat permasalahan baik teknis ataupun non teknis. Tetapi kesan yang diterima oleh pengguna jasa adalah bahwa sistem INSW hanya menambah permasalahan saja. Selama ini tanpa INSW juga kadang ada permasalahan.

Secara sekilas tanpa melihat posisi INSW memang benar sistem ini hanya menambah panjang ruang dan waktu proses impor barang. Yaitu dari modul PIB transfer ke Provider Data baru ke Bea Cukai. Itu yang terjadi selama ini. Dan setelah INSW maka anggapannya menjadi Modul PIB ke Provider Data ke INSW+GA baru ke Bea Cukai

Sementara yang benar adalah dari Modul PIB langsung ke INSW. Sistem INSW yang akan melakukan proses validasi ke GA-GA terkait. INSW akan melakukan validasi perijinan dari GA kemudian meneruskannya ke Bea Cukai.

Pengguna jasa cukup memenuhi semua data pelengkap impor barang, transfer data PIB, dan menunggu respon selanjutnya. Sebenarnya user harus mengetahui bahwa INSW adalah penyatu/integrator. Jadi INSW tidak boleh dipisahkan dari sistem GA atau dianggap sebuah sistem yang berdiri sendiri.