Penerapan NSW di Belawan Berjalan Lancar

Penerapan NSW di Belawan Berjalan Lancar

MedanBisnis - Belawan Hari pertama diterapkannya sistem National Single Window (NSW) di Pelabuhan Belawan, Rabu kemarin aktivitas ekspor-impor melalui Pelabuhan Belawan berjalan lancar.

Para pelaku usaha yang melakukan aktivitasnya melalui pelabuhan terkemuka di luar Pulau Jawa itu tampak sumringah dalam melakukan aktivitasnya.

Sejumlah pelaku usaha impor yang ditemui di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Belawan, mengatakan, sistem NSW sangat menghemat waktu dan tenaga sebab untuk mengurus dokumen impor ke berbagai instansi terkait sudah terpadu. "Prosesnya lebih cepat apalagi tampilan modul Pemberitahuan Impor Barang (PIB) ternyata tidak mengalami perubahan," kata pelaku usaha itu.

Pada awalnya kata H. Fauzi salah seorang pelaku usaha, ada sedikit kesulitan menggunakan sistem NSW. "Tapi berhubung sistem yang diharapkan semakin memperlancar aktivitas ekspor dan impor tersebut sudah disosialisasikan dan dilakukan uji coba maka dalam pelaksanaannya sudah tidak ada lagi kendala," katanya.

Sementara Ketua Gabungan Importer Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Sumut Khairul Mahalli yang dihubungi MedanBisnis melalui telepon selular mengatakan, penerapan NSW di Pelabuhan Belawan diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus barang ekspor dan impor serta tidak menimbulkan birokrasi dan ekonomi biaya tinggi.

Source