Single Window Service RI - Malaysia, Effective 1 July

Single Window Service RI - Malaysia, Effective 1 July

Pelayanan satu atap untuk fasilitasi proses perdagangan di Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan ASEAN Single Window (ASW) dipastikan akan bisa diimplementasikan.

"Sebagai percontohan, yakni ASEAN Single Window antara Indonesia dengan Malaysia," kata Ketua Working Group untuk Aspek Hukum dan Prosedur Tim Nasional National Single Window (NSW) Harmen Sembiring melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis 11 Juni 2009.

Kedua negara sepakat untuk memulai fasilitas proses perdagangan berupa live exchange of certificate of origin (COO) form D, antara Indonesia dengan Malaysia pada tanggal 1 Juli 2009. "Kenapa Indonesia dan Malaysia yang dijadikan percontohan, karena yang paling siap dibandingkan negara lain," ujarnya.

Harmen menjelaskan, fasilitas perdagangan ini akan dievaluasi setelah tiga bulan berjalan. ASW diperkirakan akan memperlancar arus lalu lintas barang ekspor dan impor serta mempersingkat waktu. Melalui ASW, pemeriksaan atas barang yang hendak dikapalkan dari satu negara ASEAN ke negara lain yang masih satu kawasan hanya memerlukan satu kali pengajuan formulir berisi data dan informasi barang.