Menkeu: NSW Bisa Kurangi PHK

Menkeu: NSW Bisa Kurangi PHK

Menteri Keuangan Sri Mulyani yakin penerapan National Single Window (NSW) bisa menahan arus pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor industri nasional. Sebab NSW bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan importir, sehingga beban usaha berkurang.

Industri yang diperkirakan mendapatkan pengaruh paling besar dari penurunan ekonomi global adalah industri manufaktur. Industri manufaktur saat ini sudah mulai mengurangi pengeluaran mereka. Tidak hanya pengurangan dari sisi BBM saja, kata Menkeu, importir juga cenderung ikut NSW untuk mengurangi biaya dalam melakukan bisnis, sehingga struktur biaya perusahaan bisa lebih ringan.

"Kita akan lihat dari sisi ini. Kalau ini mempengaruhi beban biaya, pelaku usaha bisa menjaga untuk tidak melakukan PHK. Dengan demikian mereka bisa menahan dan memiliki kapasitas untuk menjaga employment atau jumlah tenaga kerja yang mereka selama ini hire," ungkap Menkeu di Gedung Depkeu, Jakarta, Selasa 23 Desember 2008.

Peningkatan minat importir ikut dalam NSW terlihat pada peluncuran NSW tahap ketiga, di mana terjadi lonjakan signifikan dari 146 importir pada tahap kedua menjadi 4.852 importir di tahap ketiga.

Segala upaya, kata Menkeu akan dilakukan untuk mengurangi beban pengusaha, di antaranya menurunkan, bahkan menghilangkan pajak ekspor. Pemerintah juga akan menciptakan kesempatan kerjd di dalam negeri, apakah itu terkait proyek-proyek infrastruktur atau proyek yang berhubungan dengan padat karya di kecamatan maupun di tingkat desa.

Pemerintah juga  mengaktifkan lagi balai latihan kerja seperti yang selama ini dikelola atau berbagai aktivitas-aktivitas yang bisa menaikkan jumlah absorbsi tenaga kerja.

Mengenai rencana tambahan insentif Rp12,5 triliun untuk countercyclical, Menkeu mengakui sampai hari ini insentif pajak dan bea masuk masih dibutuhkan pengusaha. Namun besaran yang akan diberikan masuk mencakup angka tersebut. Jika dana yang disiapkan masih kurang, pemerintah akan melihat kebutuhan pengusaha secara selektif.

"Kan tidak semuanya mereka mengatakan setelah ini mereka mendapatkan keseluruhan biayanya ditanggung pemerintah, menurut saya juga tidak betul," kata dia.