Bayar Pajak Impor Sudah Bisa Online

Bayar Pajak Impor Sudah Bisa Online

Menurut Susi Wijono yang juga Ketua Pelaksana Teknis pada Tim Nasional National Single Window, sampai saat ini sudah ada 2 bank yang kompatibel dengan sistem Indonesia National Single Window (INSW) untuk rekonsiliasi pembayaran, yaitu Citi Bank dan Deutsche Bank.

"Pemerintah telah menyiapkan sistem Indonesia National Single Window yang terpadu untuk mempercepat proses pembayaran bea dan cukai," tambahnya.

Pemerintah menunjuk Citi sebagai bank persepsi untuk pembayaran pajak impor secara online mewakili Kantor Kas Negara. Terkait itu, Citi menyediakan pembayaran pajak impor melalui sistim online (ePIB).

"Kami menyediakan layanan pembayaran pajak impor secara online, demi memudahkan nasabah dalam proses penyerahan dokumen Pemberitahuan Impor Barang," ungkap Cash Management Product Head Global Transaction Service Citi Indonesia, Novianti Hardi, di Jakarta, Rabu (18/2).

Melalui Citi ePIB ini akan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk membawa serta mengajukan dokumen-dokumen pembayaran pajak impor kepada pihak bank.

"Melalui sistem online seperti ini, baik pelaku bisnis maupun kantor pemerintah dapat secara efektif memproses pembayaran pajak impor," sebut Kepala Tenaga Pengkaji Bidang Pengembangan Kapasitas dan Kinerja Organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Susiwijono di tempat yang sama.

Source