Implementasi NSW Tahap 4 Berlaku Nasional

Implementasi NSW Tahap 4 Berlaku Nasional

SURABAYA (Bisnis.com): Pemerintah hari ini akan meluncurkan implementasi tahap keempat sistem National Single Window (NSW) yang berlaku secara nasional.

Uji coba sistem kepabeanan elektronik NSW tahap keempat ini akan memberlakukan mandatory secara penuh untuk seluruh importir. Ketua Pelaksana Harian Tim Persiapan NSW Edy Putra Irawady mengatakan dalam implementasi tahap keempat ini juga akan diujicobakan penerapan NSW-ekspor di Tanjung Perak, Surabaya secara terbatas.

"Pada hari ini NSW-impor untuk seluruh importir akan diimplementasi secara nasional dan NSW-ekspor di Tanjung Perak secara terbatas," jelasnya kepada Bisnis.com hari ini.

Peluncuran implementasi tahap 4 akan dilakukan oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati yang juga Ketua Tim Persiapan NSW didampingi para menteri dan instansi terkait.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Teknis Susiwijono, dalam uji coba ini akan melibatkan Depdag, Dephut dan sejumlah eksportir besar. Depdag saat ini melayani 50 jenis perizinan impor secara online a.l. beras, elpiji, tabung gas, cakram optik, garam industri, gula, mainan anak, plastik, elektronik dan komponen, pelumas dan lainnya.(yn)