5 UPT Karantina Pertanian Sudah Terintegrasi dengan INSW

5 UPT Karantina Pertanian Sudah Terintegrasi dengan INSW

Badan Karantina Pertanian sebagai salah satu penyedia jasa perkarantinaan, dengan unit Pelayanan Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sangat concern terhadap penerapan e-government melalui pengembangan sistem operasi secara optimal, untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan perkarantinaan melalui proses yang lebih transparan dan melibatkan partisipasi aktif pengguna jasa.

Penerapan e-government dengan instansi terkait di pelabuhan/bandara diwujudkan dengan peran serta karantina pertanian dalam implementasi INSW. Terdapat 5 UPT karantina pertanian yang sudah terintegrasi dengan INSW, yaitu: Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Tanjung Priok, BBKP Surabaya, BBKP Belawan, BBKP Soekarno Hatta, dan BKP Semarang.

Dengan penerapan INSW di lima pelabuhan utama ini maka proses pengeluaran barang dari kepabeanan khusus untuk impor semua sudah menggunakan transaksi elektronik melalui portal INSW. Perubahan sistem ini mendorong Badan Karantina Pertanian untuk terus mengembangkan inhouse system yang dimiliki searah dengan perkembangan NSW ke depan.
 
Salah satu usaha tersebut adalah menerapkan Permohonan Pemeriksaan Karantina secara elektronik (PPK Online).  Penerapan PPK Online ini akan memudahkan pengguna jasa dalam pengajuan permohonan pemeriksaan karantina, dengan  tidak lagi mendatangi counter pelayanan, tetapi pengajuan dapat dilakukan melalui kantor/perusahaan secara online dengan menggunakan jaringan internet.

Sumber