Mandatori NSW Ekspor Rampung Oktober 2010

Mandatori NSW Ekspor Rampung Oktober 2010

JAKARTA - Pelaksanaan National Single Window (NSW) bagi pelabuhan ekspor secara mandatori baru akan diterapkan di lima pelabuhan pada Oktober 2010.

Saat ini, pemberlakuan NSW ekspor baru dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya karena dinilai paling representatif dalam menghadapi problem ekspor.

"Sekarang NSW ekspor baru di Tanjung Perak. Sistemnya sudah mandatori, empat yang lain selesai Oktober tahun ini," ujar Ketua Pelaksana Teknis NSW Susi Wiyono Budiharso, saat konferensi pers usai Peluncuran Sistem NSW di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/1/2010).
 
Sementara itu, dalam penerapan NSW yang sudah berlangsung sejak 2007 di dua instansi yaitu Ditjen Bea dan Cukai dan BPOM secara kuantitatif terus mengalami kenaikan.
 
Dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) sepanjang 2009 mencapai 563 ribu dokumen. Sementara itu, diperkirakan jumlah dokumen yang masuk jika NSW ekspor diterapkan dapat mencapai lebih dari satu juta dokumen.
 
"Kita antisipasi tahun ini karena sudah mandatori di lima tempat, 2010 beban untuk impor saja akan di atas satu juta dokumen, ekspor pasti lebih banyak," tegasnya.
(ade)

Source