Republika - Atasi Dwelling Time, Pemerintah Bentuk Badan INSW

Republika - Atasi Dwelling Time, Pemerintah Bentuk Badan INSW

Atasi Dwelling Time, Pemerintah Bentuk Badan INSW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Deputi Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Perekonomian Edy Putra mengatakan pemerintah akan mempermudah birokrasi dan perizinan untuk mengatasi permasalahan lamanya bongkar muat atau dwelling time di pelabuhan. Salah satunya dengan membentuk pengurus atau badan Indonesia National Single Window (INSW).

Selama ini, INSW hanyalah sebuah sistem yang dapat diakses dengan jaringan internet untuk keperluan proses penanganan dokumen kepabeanan dan dokumen lain terkait ekspor impor kepada setiap kementerian/lembaga terkait. 

"Sedang dibentuk badan INSW. Nanti ada ketuanya, deputi-deputinya yang akan mengurusnya," kata Edy di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Selasa (4/8). 

Edy mengatakan badan INSW tersebut tadinya ditargetkan terbentuk pada pertengahan Juli lalu. Pembentukan badan ini tertunda karena masih harus menunggu keluarnya payung hukum dari kementerian terkait. 

"Intinya, badan INSW ini yang akan menjadi acuan tunggal untuk kegiatan eskpor impor. Semua harus patuh kepada badan INSW itu," ucap dia.